Seiring dengan kemajuan teknologi, hal tersebut membawa banyak manfaat
yang sangat berguna bagi kemajuan dan kesejahteraan kehidupan manusia. Salah
satu bukti nyata tentang kemajuan teknologi sangat terasa di bidang IT atau
teknologi informasi. Dalam dunia bisnis, jejaring telekomunikasi awalnya
digunakan seperti halnya jejaring listrik, distribusi air, dan jejaring
utilitas lain. Ini merupakan sumber yang penting, tetapi dulu perusahaan
memiliki pengaruh yang kecil. Perusahaan-perusahaan memiliki pilihan yang
terbatas atas layanan yang diperoleh dari penyediaan layanan yang dikelola
secara monopoli. Hari ini, para pengguna korporat meletakkan bersama
keseluruhan jejaring di bawah kontrol mereka, memotong-pintas jejaring publik
sebagian atau sepenuhnya. Deregulation dan teknologi digital baru telah
mengizinkan perusahaan untuk secara sadar merancang dan mengoperasikan jejaring
telekomunikasi internal dan privat untuk meningkatkan posisi kompetitif mereka.
Apa yang dulunya merupakan biaya untuk menjalankan bisnis, sekarang menjadi
sumber keuntungan kompetitif.
Layanan TIK sekarang digunakan oleh semua sektor ekonomik, mulai dari
pertambangan dan pertanian sampai layanan finansial, manufaktur dan kepariwisataan.
Jejaring privat ini hadir di semua industri global, di mana perusahaan
multinasional menjadi perusahaan jejaring. Para pengguna bisnis berskala besar
memiliki kebutuhan akan sistem yangcost-effective, leluasa, aman, automated,
terpadu dan terandalkan. Jika para penyedia layanan lokal tidak dapat memenuhi
kebutuhan ini, dengan biaya yang masuk akal, perusahaan-perusahaan besar
memiliki pilihan untuk mengembangkan sendiri jejaring privat.
Perusahaan multinasional telah dapat mengkoordinasikan produksi dan
marketing dengan sistem komunikasi berbasis satelit dengan kapabilitas
video-conferencing, untuk tujuan mengkoordinasikan pengembangan produk dan
disain manufaktur. Perusahaan-perusahaan kecil lebih terbatas kemampuannya
untuk mengembangkan jejaring TIK sendiri ataupun untuk menyewa, karena besarnya
biaya. Ini menjadi pilihan yang ekonomik hanya jika organisasi tersebut cukup
besar untuk menimbulkan cukup trafik untuk menghasilkan penghematan. Oleh
karena ini, perusahaan-perusahaan global merupakan pihak-pihak yang pertama
yang mengadopsi TIK baru. Sektor-sektor yang sangat bergantung pada TIK
mencakup, antara lain perusahaan-perusahaan layanan finansial.
Pada ruang lingkup yang lebih luas, sebagai contoh pada lingkungan
bisnis, kehadiran teknologi informasi mulai disadari dapat menghadirkan
berbagai solusi yang dapat membantu proses bisnis yang ada. Departemen TI pada
sebuah perusahaan mulai dibangun dan secara konstan diminta untuk mengembangkan
suatu layanan, mengembangkan suatu sistem, dan mengoptimalkan efesiensi bisnis
berbasis teknologi informasi.
Era Globalisasi
Perkembangan teknologi informasi telah berkembang luar biasa hebatnya
baik dari sisi perangkat keras, perangkat lunak, atau sumber daya manusia yang
mendayagunakannya. Saat ini kehidupan manusia mulai bergeser ke kehidupan
komputasi persasif, suatu kehidupan yang meletakkan teknologi informasi sebagai
bagian dari kehidupan manusia kapan dan dimana saja. Hal ini dapat diilihat
dari prilaku manusia yang sudah mulai terbiasa dengan komputer, sudah mulai
terbiasa dengan internet, dan sudah mulai merasakan bahwa sekumpulan
kebutuhannya dapat dibantu oleh teknologi informasi.
Komunikasi Bisnis dengan Peranan Teknologi Informasi dan Komunikasi.
Komunikasi adalah suatu proses penyampaian dan penerimaan pesan atau
informasi diantara dua orang atau lebih dengan harapan terjadinya pengaruh yang
positif atau menimbulkan efek tertentu yang diharapkan. Komunikasi adalah
persepsi dan apresiasi.
Persaingan yang keras dalam dunia bisnis tentunya sangat membutuhkan
suatu perusahaan yang dapat menangani akan hal
itu diberbagai situasi yang menantang. Semua bisnis tentunya juga
membutuhkan semua informasi yang sangat aktual, cepat dan dapat dipercaya, yang
mana bisa semua permasalahan tersebut hanya bisa diselesaikan melalui Teknologi
Informasi dan Komunikasi ( ICT ).
Pergerakan bisnis yang semakin cepat menuntut komunikasi (suara, data
dan informasi) yang lebih lebih cepat guna mempertahankan pelanggan, pemasok,
dan, bahkan, dalam menghadapi persaingan.
Telepon Sebagai media Komunikasi Bisnis.
Pada awalnya, komunikasi dalam dunia bisnis dilakukan dengan
menggunakan suatu perangkat komunikasi yang disebut telepon, dimana dengan alat
ini para pelaku bisnis dapat menyampaikan informasi dan berkomunikasi dengan
pihak lain dalam rangka menjalankan bisnisnya.
Internet sebagai salah satu media Komunikasi Bisnis.
Pengertian Internet.Internet dapat diartikan sebagai jaringan komputer
luas dan besar yang mendunia, yaitu menghubungkan pemakai komputer dari suatu
negara ke negara lain di seluruh dunia, dimana di dalamnya terdapat berbagai
sumber daya informasi dari mulai yang statis hingga yang dinamis dan
interaktif.
Manfaat internet
Secara umum ada banyak manfaat yang dapat diperoleh apabila seseorang
mempunyai akses ke internet .Berikut ini sebagian dari apa yang tersedia di
internet:
- Informasi untuk kehidupan pribadi :kesehatan, rekreasi, hobby, pengembangan pribadi, rohani, sosial.
- Informasi untuk kehidupan profesional/pekerja :sains, teknologi, perdagangan, saham, komoditas, berita bisnis, asosiasi profesi, asosiasi bisnis, berbagai forum komunikasi.
Satu hal yang paling menarik ialah keanggotaan internet tidak mengenal
batas negara, ras, kelas ekonomi, ideologi atau faktor faktor lain yang
biasanya dapat menghambat pertukaran pikiran. Internet adalah suatu komunitas
dunia yang sifatnya sangat demokratis serta memiliki kode etik yang dihormati
segenap anggotanya. Manfaat internet terutama diperoleh melalui kerjasama antar
pribadi atau kelompok tanpa mengenal batas jarak dan waktu.
Untuk lebih meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Indonesia,
sudah waktunya para profesional Indonesia memanfaatkan jaringan internet dan
menjadi bagian dari masyarakat informasi dunia. Situs web perusahaan misalnya,
menyediakan berbagai informasi. Banyak perusahaan dewasa ini menggunakan situs
web unutk mengiklankan produk, menerima pesanan produk, meminta umpan balik
pelanggan dan menerima karyawan. Mereka juga menggunakan internet untUk
berkomunikasi dengan kelompok terpilih (pilihan). Salah satu penggunaan
internet sebagai media komunikasi bisnis adalah dengan penggunaan email, karena
email adalah sarana internet yang bisa menyajikan tulisan.
E-Commerce dalam Komunikasi Bisnis
Perdagangan sebenarnya merupakan kegiatan yang dilakukan manusia sejak
awal peradabannya. Sejalan dengan perkembangan manusia, cara dan sarana yang
digunakan untuk berdagang senantiasa berubah. Bentuk perdagangan terbaru yang
kian memudahkan penggunaannya kini adalah e-commerce. Secara umum, e-commerce
dapat didefinisikan sebagai segala bentuk transaksi perdagangan atau perniagaan
barang dan jasa dengan menggunakan media elektronik.Di dalam e-commerce, para
pihak yang melakukan kegiatan perdagangan / perniagaan hanya berhubungan
melalui suatu jaringan publik (public network) yang dalam perkembangan terakhir
menggunakan media internet.
Sistem E-commerce dapat diklasifikasikan kedalam tiga tipe aplikasi,
yaitu :
- Electronic Markets (EMs), yaitu sebuah sarana yang menggunakan teknologi informasi dan komunikasi untuk melakukan atau menyajikan penawaran dalam sebuah segmen pasar, sehingga pembeli dapat membandingkan berbagai macam harga yang ditawarkan. Dalam pengertian lain, EMs adalah sebuah sistem informasi antar organisasi yang menyediakan fasilitas-fasilitas bagi para penjual dan pembeli untuk bertukar informasi tentang harga dan produk yang ditawarkan.
- Elektronic Data Interchange (EDI), adalah sarana untuk mengefisienkan pertukaran data transaksi-transaksi regular yang berulang dalam jumlah besar antara organisasi-organisasi komersial. Secara formal, EDI didefinisikan oleh International Data Exchabge Association (IDEA) sebagai “transfer data terstruktur dengan format standard yang telah disepakati, yang dilakukan dari satu sistem komputer ke sistem komputer lain dengan menggunakan media elektronik”. EDI sangat luas penggunaaanya, biasanya digunakan oleh kelompok retail besar, ketika melakukan transaksi bisnis dengan para supplier mereka. EDI memiliki standarisasi pengkodean transaksi perdagangan, sehingga organisasi komersial tersebut dapat berkomunikasi secara langsung dari satu sistem komputer ke sistem komputer yang lain, tanpa memerlukan hardcopy atau faktur, sehingga terhindar dari penundaan, kesalahan yang tidak disengaja dalam penanganan berkas dan intervensi dari manusia.
- Internet Commerce, adalah penggunaan internet yang berbasis teknologi informasi dan komunikasi untuk aktivitas perdagangan. Kegiatan komersial ini, seperti iklan dalam penjualan produk dan jasa. Transaksi yang dapat dilakukan di internet, antara lain pemesanan/pembelian barang dimana barang akan dikirimkan melalui pos atau sarana lain setelah uang ditransfer ke rekening penjual.
Peran IT dalam Bisnis
Teknologi informasi saat ini
telah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat. Masyarakat mengenal dan
merasakan langsung manfaat dari perkembangan teknologi informasi pada
kehidupannya. Bisnis adalah salah satu bagian hidup masyarakat yang sangat
terpengaruh perubahan teknologi informasi. Teknologi informasi menjadi sangat penting
dan berpengaruh terhadap perkembangan suatu industri dalam bisnis. Contoh dari
teknologi informasi yang sangat memperngaruhi bisnis adalah penggunaan
internet, komputer, telekomunikasi, satelit, dsb. Teknologi informasi membuat
pekerja dalam suatu industri dapat berkomunikasi dan menyelesaikan pekerjaanya
tanpa harus bertatap muka sehingga perusahaan dapat mencapai hasil yang
produktif dangan cara yang lebih efisien. Dalam perkembangan dunia bisnis saat
ini, perusahaan dapat tertinggal dari pesaingnya apabila tidak menguasai atau
menerapkan teknologi informasi dalam industrinya.
Perusahaan harus mengeluarkan modal yang tidak kecil untuk menerapkan
teknologi informasi di perusahaannya. Tetapi karena saat ini penggunaan
teknologi informasi dapat menjadi salah satu parameterkeunggulan suatu
perusahaan, harga yang dibayar tersebut memilikiopportunity cost yang
sebanding. Namun bagi sebagian perusahaan menganggap bahwa penggunaan teknologi
informasi terhadap perkembangan bisnis suatu perusahaan itu tidaklah penting,
melainkan manajemennya yang harus dibenahi. Teknologi informasi juga dapat
digunakan untuk membantu kinerja perusahaan dalam meningkatkan kecepatan
integrasi pengetahuan dan aplikasinya dengan mengumpulkan atau mengotomatiskan
kegiatan-kegiatan rutin organisasi, sehingga meringankan kerja para karyawan.
Maka, seiring dengan bertambahnya nilai perusahaan, perusahaan menggunakan
teknologi informasi baik internet, seperti email, dan papan buletin elektronik,
intranets, database, sistem manajemen data elektronik dan juga sistem manajemen
pengetahuan untuk meningkatkan sharingpengetahuan di antara para karyawannya.
Pada beberapa perusahaan, segala informasi dan pengetahuan dikodifikasi
dan dikumpulkan dalam database sehingga mudah diakses dan digunakan oleh
siapapun di dalam perusahaan.Dalam bagian pergudangan dan produksi, teknologi
informasi dapat digunakan untuk mengontrol jumlah barang yang dihasilkan dan
jumlah barang yang keluar, sehingga ddata yang ada dapat lebih mudah diakses
dan teliti.
Dalam bidang pemasaran teknologi informasi ini sangat dibutuhkan untuk
kegiatan pemasaran. Kegiatan pemasaran yang memanfaatkan teknologi informasi
seperti promosi produk via internet, penjualan barang secara online, dan
penyedia jasacustomer serviceonline. Contohnya adalah perusahaan Amazon yang
menjual buku dengan pemesanan online. Perusahaan ini menggunakan aplikasi
Costumerrelationship management(CRM), sehingga perusahaan ini memiliki
keunggulan kompetitif dari pesaingnya. Aplikasi tersebut dapat menbantu mengelola
hubungan perusahaan dengan pelanggannya, sehingga perusahaan tersebut lebih
kompetitif dibanding pesaingnya. Hal ini akhirnya berpengaruh pada kinerja
perusahaan yang lebih efektif dan efisien. Di Indonesia saat ini sudah banyak
situs-situs yang menjual barangnya secara online dan menyediakan costumer
servicesecara online pula. Umumnya perusahaan yang berkembang dan memfokuskan
diri pada pelanggan akan lebih peka terhadap perubahan teknologi informasi.
Dalam bidang manajemen karyawan, teknologi informasi mempermudah
manajer untuk mencari informasi tentang karyawannya. Pemberian gaji karyawan
juga lebih mudah karena bisa langsung dikirim lewat rekening. Manager dapat
mengadakan pertemuan atau rapat sewaktu-waktu tanpa harus bertemu secara
langsung contohnya dengan video converence. Pengiriman proposal atau tugas dari
karyawan ke manajer menjadi lebih mudah dengan memanfaatkan email sebagai
sarana pengirim pesan. Manajemen keuangan juga menjadi lebih mudah untuk
dikontrol. Dengan menggunakan software untuk keuangan dan akuntansi pencatatan
arus keluar masuk uang lebih mudah terkontrol dan mudah untuk di akses serta
lebih efisien. Pencatatan keuangan juga lebih praktis karena tidak membutuhkan
buku untuk pencatatan secara manual.
Tidak salah lagi jika pada saat ini peran perkembangan teknologi
informasi tidak dapat dipisahkan dari dunia bisnis. Perkembangan teknologi
informasi dapat memberikan berbagai kemudahan dalam menjalankan aktivitas
bisnis. Namun selain memberikan kemudahan, teknologi informasi dapat disalah
gunakan untuk hal yang kurang baik. Oleh karena itu dalam penggunaannya harus
dilakukan secara bijak tanpa harus merugikan orang lain.
Kesimpulan :
Proses bisnis akan menjadi jauh lebih mudah dengan adanya teknologi
informasi dikarenakan semua proses yang dilakukan akan menjadi lebih efektif
dan efisien,hemat waktu yang dibutuhkan.
Kelebihan :
- Mempermudah proses bisnis antar perusahaan yang terletak berjauh-jauhan
- Menambah dan memperluas lapangan kerja sehingga mengurangi persentase pengangguran yang ada
- menghemat waktu
Kerugian :
- Karena mudahnya proses bisnis yang dijalankan, maka semakin besar juga peluang timbulnya bisnis-bisnis ilegal yang bertentangan dengan hukum
Daftar Pustaka :
http://purpl3.wordpress.com/
arisfatorialdila.blogspot.com/2013/02/peran-it-dalam-bisnis.html
arisfatorialdila.blogspot.com/2013/02/peran-it-dalam-bisnis.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar